Spektrum Warna Dalam Bulu

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa cahaya putih dapat diuraikan menjadi berbagai macam warna ; merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang sering kita singkat menjadi MeJiKuHiBiNiU atau warna pelangi atau kata orang sains spektrum warna.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat atau memperlihatkan spektrum warna, salah satunya adalah dengan menggunakan helai bulu unggas (burung, ayam, dsj.)

Peganglah dalam ruang yang gelap/temaram sehelai bulu unggas yang lebar di depan satu mata dan tujukan pandangan ke arah sebuah lilin yang menyala pada jarak 1 meter. Nyala apinya nampak diperbanyak dalam susunan berbentuk X dan berkelip-kelip dalam warna-warna spektrum.

Gejalan ini ditimbulkan oleh apa yang disebut pembiasan pada celah. Di antara bagian bulu yang bersusun teratur (batang dan serat-seratnya) terdapat celah-celah halus dengan pinggir yang runcing-runcing. Ketika menembusnya, cahaya terbiaskan, artinya menyimpang dan terurai dalam warna-warna spektrumnya. Karena kita melihatnya melalui beberapa celah sekaligus, nampaknya nyala api itu diperbanyak.

Kawan, ternyata banyak hal dan benda sederhana di sekitar kita yang dapat kita manfaatkan sebagai media, peraga, atau bahkan sumber belajar bagi anak-anak. Jangan pernah menyerah oleh keterbatasan. Ingat selalu salah satu prinsip Quantum Teaching “SEGALANYA BERBICARA”.

Selamat mencoba..!

2 Tanggapan

  1. kayaknya saya pernah liat gambar kartun itu dibuku pengetahuan,,cuma lupa judulnya,,kalo ada yg tau tolong kasih tau saya, karena saya penasaran dengan judul bukunya,,seingat saya judulnya ada “……………. Dengan Peralatan Sehari-hari” cuma lupa awalnya kayak gimana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: