Manusia Dapat Hidup di Planet Lain

Saya tidak ingin membuat kontroversi atau sensasi dengan judul di atas. Judul itu bermula dari pertanyaan seorang siswa kelas 4 di Madrasah kami, lengkapnya adalah Apakah Manusia Dapat Hidup di Planet Lain Selain Bumi…?

Tetapi rasanya judul tersebut terlalu panjang jadi saya hilangkan bagian-bagian tertentu agar lebih ringkas, eeh….. ternyata masih juga kepanjangan…

Menyikapi pertanyaan tersebut saya ingin mengingatkan kita bersama sebuah kalimat dalam kitab suci yang sangat saya yakini akan kebenarannya, Allah SWT berfirman  ‘ wa Lakum fil-Ardli Mustaqarrun wa Mataa’un ilaa Hiin ‘. Bahwa di bumi ada unsur Mustaqar dan Mata’.

Mustaqar berarti tempat menetap yang telah memenuhi syarat dan stabil. Hal ini dapat terwujud karena bumi memang telah memiliki syarat-syarat mutlak kehidupan seperti udara (terutama oksigen), air, cahaya, temperatur yang sesuai, gravitasi, keseimbangan, dan lain-lain. Sedangkan Mataa’ adalah kenyamanan hidup di atas standar dasar.

Dalam ilmu Ma’ani susunan di atas yang mendahulukan khabar dan mengakhirkan mubtada’ yang dirangkai dengan ‘lam’ bermakna “empunya/milik” dengan faedah “takhshish”, maka kalimat di atas bermakna kekhususan. Dalam potongan ayat tersebut seolah terkandung makna “Hanya di bumi saja kamu bisa hidup mustaqar dan hidup mata’ “. Sehingga kita berkesimpulan bahwa tidak ada kehidupan yang mustaqar dan mata’ (nyaman) bagi manusia di planet selain bumi. Ini bukan berarti membatasi penemuan planet baru senyaman bumi.

Rasanya Allah sudah memilih dan menempatkan kita pada planet yang tepat dari sekian planet yang Dia ciptakan. Bumilah planet yang paling layak dan paling nyaman bagi manusia. karena itu kita wajib menjaganya sebaik mungkin. Jangan dirusak, jangan dikotori, jangan dicemari, dan jangan berbuat onar di atas bumi.

(disarikan dari Tafsir Qur’an bahasa Koran, A. Musta’in Syafi’ie)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: